wireless

Posted by gilang.kurniawan Rabu, 20 Januari 2010 0 comments

Wireless atau nirkabel merupakan salah satu media penghubung node di jaringan yang tidak terlihat bentuknya. Dengan menggunakan wireless, jaringan komputer akan memiliki banyak keuntungan karena tidak tempat terdapat jaringan komputer akan lebih teratur karena tidak adanya kabel-kabel yang berseleweran dan seringkali membuat suasana tidak teratur.

Berdasarkan kriteria yang dimiliki, wireless dapat dibagi menjadi 5 bagian, yaitu :
  • Wireless PAN (Personal Area Network), terhubung dengan media tanpa kabel. penerapan sistem teknologi ini biasanya terdapat kabel pada bluetooth dan IrDA
  • Wireless LAN (Local Area Network), terhubung dengan media tanpa kabel. Penerapan sistem teknologi ini didasarkan untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.
  • Wireless Card, terhubung ke media jaringan dengan menggunakan kartu. Penerapan sistem teknologi ini, biasanya sering dijumpai pada netbook yang disebut PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Assosaciation).
  • Wireless Modem, modem yang terhubung ke media jaringan tanpa kabel.
  • Wireless Bitmap, terhubung ke media jaringan dengan format grafik yang terdapat dalam WAP. Umumnya, penerapan sistem teknologi ini akan memperlambat transfer data karena ukurannya lebih besar

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts