Mengembalikan grub bootloader ubuntu yang tertimpa windows

Posted by gilang.kurniawan Rabu, 18 November 2009 0 comments
saya menggunakan dual OS pada laptop, Ubuntu dan Windows XP. Kebetulan windows saya mengalami error, sehingga saya harus menginstall ulang windows saya. Setalah instalasi windows, grub bootloader ubuntu saya tertimpa oleh bootloader windows, sehingga saya tidak dapat masuk ke ubuntu. Tapi anda jangan khawatir atau terburu-buru menginstall lagi ubuntu anda, saya ada tips untuk mengembalikan boot loader ubuntu yang tertimpa oleh windows.

Yang kita butuhkan yang pertama untuk proses pengembalian bootloader ubuntu adalah live CD ubuntu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • konfigurasi komputer atau laptop anda untuk melakukan booting melalui CD ubuntu.
  • setelah masuk ke dalam desktop, kemudian masuklah ke dalam terminal,ketikan perintah

    sudo grub

    Kita akan masuk kedalam grub>command

  •  Dari grub>command selanjutnya jalankan perintah

    find/boot/grub/stage1

    Perintah ini berfungsi untuk mengetahui posisi atau lokasi harddisk dimana GRUB sebelumnya berada. Hasil dari eksekusi perintah ini akan menampilkan output

    grub>find/boot/grub/stage1

    (hd0,1) 


  •  Kita sekarang telah mengetahui lokasi harddisk, untuk selanjutnya kita akan masuk ke lokasi harddisk tersebut, dengan perintah

    root (hd0,1)

    Diikuti dengan perintah

    setup (hd0)

    Perintah setup digunakan untuk mengembalikan menu GRUB sesuai kondisi semula.

  •  Masukkan command quit untuk keluar dari menu konfigurasi GRUB, kemudian rerstart komputer anda dengan memasukan command reboot.

Moga-moga aja tips ini bisa berhasil untuk mengembalikan bootloader ubuntu anda.

jika ada yang kurang atau salah, mohon diberitahu..

selamat mencoba...

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts